PEMBERDAYAAN IBU-IBU PENERIMA BANTUAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA NARU TIMUR UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN KUE TRADISIONAL BIMA

Sri Lastuti, Anisah Anisah

Abstract


Tujuan dari kegiatan pendampingan dan pelatihan pembuatan kue tradisional Bima ini adalah meningkatkan wawasan, skill dan keterampilan ibu-ibu kelompok Penerima Bantuan Keluarga Harapan (PKH)  dalam membuat kue tradisional Bima serta mengarahkan agar keterampilan tersebut dapat menghasilkan pendapatan. Adapun Permasalahan Mitra yaitu (1) Minimnya skill, wawasan dan keterampilan kelompok ibu-ibu PKH yang mengakibatkan kurang produktifnya kelompok tersebut atau hanya menjadi ibu rumah tangga. (2) Pendidikan terakhir  kelompok ibu-ibu PKH sebagian besar adalah tamatan SMP bahkan tamatan SD sehingga sulit melakukan pengembangan diri untuk bekerja di sektor lain. (3) Permasalahan ekonomi yang cukup serius mengakibatkan secara sadar atau tidak sadar terbentuk sikap selalu mengharap bantuan dari pemerintah. (4) Tidak adanya pemasukan tambahan dari kelompok ibu-ibu PKH selain dari hasil pencarian suami dari bertani dan bantuan dari pemerintah mengakibatkan kesusahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena selain mengurus keperluan rumah tangga ibu-ibu PKH hanya menganggur (sambil menunggu panen tiba untuk menjadi buruh tani paruh waktu). Tahap-tahap pemberdayaan dan pendampingan kelompok PKH yaitu melakukan sosialisasi program kepada masyarakat di kantor Desa Naru Timur, melakukan persiapan kegiatan, melakukan pelatihan dan pendampingan, memproduksi kue tradisional Bima, melakukan publikasi, promosi, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan Ibu-Ibu PKH desa Naru timur dalam membuat kue tradisional Bima.

Full Text:

PDF

References


Kesi Widjajanti. 2011. Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 12(1), 15-27.

LPM Unram. 2015. Standar Operasional

Prosedur (SOP) Pengabdian kepada

Masyarakat Dana BOPTN Tahun 2015. Mataram: LPM Unram.

Ristek Dikti. 2017. Pedoman Penelitian dan Pengabdian Edisi XI. Jakarta: Ristek Dikti

Syahputra Adisanjaya S. & Risna Resnawati. 2017. Program Keluarga Harapan (PKH): antara Perlindungan Sosial daan Pengetasan Kemiskinan. Prosiding KS: Riset da PKM. 4(1), 1-140.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.