PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK MENJADI BOKASHI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PANEN TANAMAN

Ahmad Raksun, Putu Artayasa, Karnan Karnan

Abstract


Mitra kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah anggota Kelompok Tani Saling Tulung yang terletak Di Desa Mertak Tombok Kecamatan Peraya Kabupaten Lombok Tengah. Anggota Kelompok Tani Saling Tulung Memiliki usaha sampingan yaitu beternak itik, kambing dan sapi. Kegiatan peternakan menghasikan sampah kotoran ternak yang dibuang ke sungai. Pembuangan kotoran ternak ke sungai berdampak negatif yaitu dapat menyebabkan tercemarnya air sungai dan air tanah yang pada akhirnya dapat mencemari air sumur masyarakat sekitar. Dalam upaya membantu masyarakat memecahkan masalah tersebut maka dilakukan pengabdian pada masyarakat yang bertujuan untuk: (1) melakukan pendampingan kepada anggota Kelompok Tani Saling Tulung dalam melakukan pengolahan  kotoran itik, kambing dan kotoran sapi menjadi bokashi. (2) melakukan pendampingan kepada anggota Kelompok Tani Saling Tulung dalam melakukan pemupukan tanaman menggunakan bokashi untuk meningkatkan hasil panen tanaman. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: (1) anggota Kelompok Tani Saling Tulung memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang teknik pengolahan sampah organik khususnya kotoran sapi, kotoran itik dan kotoran kambing  menjadi bokhasi, (2) anggota Kelompok Tani Saling Tulung memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang teknik pemupukan tanaman menggunakan bokashi, (3) Anggota Kelompok Tani Saling Tulung memiliki respons yang baik terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, mereka berkeinginan untuk moncoba memanfaatkan sampah peternakan terutama kotoran ternak yang ada disekitarnya sebagai bahan baku pembuatan bokashi.

Full Text:

PDF

References


Djunaedy, A. 2009. Pengaruh Dosis Pupuk Bokashi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Panjang (Vigna sinensis L.). Jurnal Agrivigor. 2(1), 42-46.

Farida dan Hamdani, J.S. 2003. Pertumbuhan dan hasil bunga gladiol pada dosis pupuk organik bokashi dan nitrogen yang berbeda. Jurnal Bionatura. 3(2), 68-76.

Hasibuan, S., Mawarni, R., Hendriandri, R. 2017. Respon Pemberian Pupuk Bokashi Ampas Tebu dan Pupuk Bokashi Eceng Gondok terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kedelai. Jurnal Penelitian Pertanian BERNAS. 13(2), 59-64.

Kastalani, Kusuma, M.E. dan Melati, S. 2017. Pengaruh Pemberian Bokashi terhadap Pertumbuhan Vegetatif Rumput gajah (Pennisetum purpureum). Jurnal Ziraa’ah. 42(2), 123-127.

Kusuma, M.E, 2013. Respons of Bokashi on the Vegetative Growth and roduction of Elephant Grass (Pennisetum purpureum). Jurnal Ilmu Hewani Tropika. 2(2), 40 – 45.

Mulyana, D., Sahidin dan Iqbal, A. 2011. Pengaruh Dosis Bokashi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tiga Varietas Padi. Jurnal Agrin. 15(1), 18-26.

Mulyanti, S.S., Made, U. dan Wahyudi, I. Pengaruh Pemberian Berbagai Jenis Bokashi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Jagung Manis (Zea mays Saccarata). Jurnal Agrotekbis. 3(5), 592-601.

Raksun, A. dan Santoso, D. 2010. Pemanfaatan Bokashi Untuk Meningkatkan Pertumbuhan dan Produksi Tomat. Jurnal Biologi Tropis. 11(1), 44-50.

Teruo, H. 1999. EM Tecnology. Indonesian Kyusei Nature Farming Societies & PT. Songgolangit Persada. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.