PELATIHAN PEMANFAATAN PERANGKAT LUNAK TINKERPLOTS UNTUK ANALISIS DATA EKSPLORATIF PADA PEMBELAJARAN STATISTIKA BAGI GURU-GURU MATEMATIKA SMP/ SMA DI GUNUNG SARI LOMBOK BARAT

Laila Hayati, Hapipi Hapipi, Syahrul Azmi

Abstract


Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru-guru matematika tentang pemanfaatan perangkat lunak tinkerplots untuk analisis data eksploratif dalam pembelajaran statistika. Peserta pengabdian adalah perwakilan guru-guru matematika dari 15 SMP/ SMA di Gunung Sari, Lombok Barat. Kegiatan pengabdian ini didasarkan pada kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran matematika pada materi statistika. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran statistika adalah perangkat lunak tinkerplots. Tinkerplots dapat digunakan untuk analisis data eksploratif dan pemodelan. Hasil pengabdian memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi guru-guru matematika di Gunung Sari, Lombok Barat tentang media yang dapat digunakan dalam pembelajaran statistika.

Full Text:

PDF

References


BANSM. 2017. Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/ Madrasah (BAP-S/M) Provinsi: NTB Nomor: 185/BAP-SM/KP/XI/2017 tentang Penetapan hasil dan rekomendasi Akreditasi sekolah/Madrasah.

Chance, B. L., Ben-Zvi, D., Garfield, J., & Medina, E. 2007. The Role of Technology in Improving Student Learning of Statistics. Technology Innovations in Statistics Education. 1 (1), 1-27.

DelMas, R. C. 2002. Statistical Literacy, Reasoning, and Learning: A commentary. Journal of Statistics Education. 10 (3), 1-11.

Konold, C. 2007. Designing a Data Analysis Tool for Learners. In M. Lovett & P. Shah (Eds.), Thinking with data: The 33rd Annual Carnegie Symposium on Cognition Hillside, NJ: Lawrence Erlbaum Associates. pp. 267-291.

Moore, D. 1997. New Pedagogy and New Content: the Case of Statistics. International Statistical Review. 65(2), 123-165.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.