DEMONSTRASI CARA DETEKSI ZAT WARNA MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA SMAN 1 BATULAYAR LOMBOK BARAT

Sukib Sukib, Mutiah Mutiah, Jackson Siahaan, Syarifa Wahidah Al Idrus

Abstract


Telah dilakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat tentang pertunjukan kimia/demonstrasi kimia pada Siswa SMAN 1 Batulayar Lombok Barat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui tahapan: (1) pembuatan dua buah media demonstrasi, yaitu poster kimia dan kromatografi lapis tipis, (2) pertunjukan pada siswa, dan (3) diskusi-tanya jawab. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah: (1)  Dua buah media demonstrasi kimia/ pertunjukan kimia, yaitu poster kimia dan kromatografi lapis tipis untuk deteksi zat warna makanan, (2) Kegiatan demonstrasi  kimia dapat meningkatkan perhatian dan motivasi belajar siswa terhadap ilmu kimia cukup tinggi dilihat dari hasil observasi selama kegiatan, (3) Demonstrasi  kimia dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang ilmu kimia terutama dalam menghubungkan antara hasil pengamatan dengan peristiwa kimia, (4) Kegiatan demonstrasi dapat memotivasi siswa untuk  berpikir kritis, hal ini ditunjukan oleh pertanyaan siswa yang mengaitkan antara konsep kimia dengan peristiwa yang didemonstrasikan. Kesimpulan yang diperoleh menunjukan bahwa demonstrasi kimia mampu meningkatkan perhatian, motivasi, dan pemahaman/pengetahuan dalam ilmu kimia bagi siswa SMAN 1 Batulayar Lombok Barat.

Full Text:

PDF

References


Achmad dan Baradja. 2013. Demonstrasi Sains Kimia. Nuansa, Ujungberung Bandung.

Chiappetta, E.L., and T.R. Koballa. 2002. Science instruction in the middle and secondary schools. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.

Deese WC, Ramsey LL, Walczyk J, Eddy D. 2000. Using demonstration assessments to improve learning. J. Chem Educ 77:1511.

Dixon, E. A. and Renyk, G. 1982. Isolation, separation and identification of synthetic Food colors. J. Chem. 59(1): 67.

Fonovich M. T. 2013. Sudan dye; are they dangerous for human health. Drug Chem. Toxicol. 36: 343-352.

Griffiths J. C. 2005. Coloring food and beverages. Food Technol. 59(5): 38-44.

McKee, E., F.M., Williamson, dan L.E. Ruebush. 2007. Effects of a Demonstration Laboratory on Student Learning. J. Sci Educ Technol, 16: 395–400.

Muti’ah, Siahaan, J., Laksmiwati, D., dan Sukib. 2016. Upaya meningkatkan motivasi dan pemahaman ilmu kimia melalui demonstrasi kimia bagi siswa SMAN 1 Labuapi. Laporan Pengabdian pada Masyarakat, LPPM Unram.

Williamson, K., Minard, R., Masters, K. 2007. Macroscale and Microscale Organic Experiments 5thedition. Boston: Houghton Mifflin.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.