PELATIHAN LESSON STUDY BAGI GURU-GURU SMA MUHAMMADIYAH MATARAM UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU

Satutik Rahayu, Sutrio Sutrio, Hikmawati Hikmawati, Ni Nyoman Sri Putu Verawati

Abstract


Telah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul Pelatihan lesson study bagi guru-guru SMA Muhammadiyah Mataram untuk meningkatkan profesionalisme guru. Lesson study adalah salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif oleh sekelompok guru/dosen dan berkelanjutan berlandaskan prinsi-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 31 Oktober 2018 bertempat di Ruang Multimedia SMA Muhammadiyah Mataram. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan pengetahuan serta keterampilan tentang kegiatan lesson study serta implementasinya. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan pelatihan. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena sebagian besar guru belum pernah melaksanakan kegiatan lesson study. Pada saat kegiatan berlansung banyak peserta yang mengajukan pertanyaan seputar bagaimana pelaksanaan lesson study, bagaimana membuat lembar pengamatan bagi observer, apa indikator keberhasilan pada kegiatan lesson study. Setelah mengikuti kegiatan ini para peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan bagaimana melaksanakan pembelajaran dengan pola lesson study yang benar.

Full Text:

PDF

References


Abizar, H. 2017. Buku Master Lesson study. Yogyakarta: Diva Press.

Prayekti & Rasyimah. 2012. Lesson study untuk meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(1).

Sadia, IW. 2008. Lesson Study. (Siiatii Strategi Peningkatan Profesioalisme Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA. Edisi Khusus TH.XXXXI. Mei. 2008.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 200 5 tentang Guru dan Dosen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.