STRATEGI PENULISAN KREATIF BAGI GURU BAHASA INGGRIS DI SMA/SMK SE-KABUPATEN LOMBOK BARAT

Atri Dewi Azis, Eka Fitriana, Lalu Muhaimi, Muhammad Fadjri, Mh. Isnaini

Abstract


Menulis kreatif merupakan salah satu tugas guru yang harus dikerjakan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik yang profesional. Menulis kreatif sangat penting karena berkaitan dengan tugas dan profesi guru sebagai tenaga pendidik. Oleh karena itu, tujuan kegiatan ini adalah melakukan pendampingan penulisan kreatif kepada para guru Bahasa Inggris SMA/SMK di Kecamatan Lingsar. Metode yang digunakan untuk mencapai target tersebut adalah partisipatif. Metode ini berorientasi kepada upaya peran serta mitra secara langsung dalam berbagai proses kegiatan, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi kegiatan. Rencana kegiatan berlangsung selama 3 bulan. Beberapa jenis kegiatan yang akan dikerjakan, antara lain sosialisasi kepada anggota kelompok mitra, melakukan pendampingan dan kursus singkat tentang metode penulisan kreatif, cara menemukan ide, kaidah-kaidah dalam penulisan kreatif dan menuangkannya ke dalam bentuk tulisan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan penulisan kreatif bagi guru Bahasa Inggris SMA/SMK se-Kabupaten Lombok Barat telah memberikan manfaat kepada kelompok mitra. Selain meningkatkan pengetahuan tentang strategi menulis kreatif, juga dapat memberikan motivasi terkait dengan cara menulis fiksi yang baik dan benar menurut kaidah-kaidah ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.

Full Text:

PDF

References


Aitchison, J. 2004. Language Change: Progress or Decay. Cambridge: Cambridge University Press.

Alwasilah, A. 1989. Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa

Asmah, H.O. 1975.ed. Essays on Malaysian Linguistics. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Asmah, H.O. 1979. Languages of Malaysia. dalam Papers on Southeast Asian Languages, Llamzon, Singapore: Singapore University Press for SEAMEO RELC.

Azis, A.D., 2015. English for General Akademic Purpose Student’s Book. FKIP Universitas Mataram.

Darwis, M, 1985. Corak Pertumbuhan Bahasa Indonesia di Perkampungan PT Arun Aceh Utara. Hasil Penelitian. Banda Aceh: PLPIIS Universitas Syiah Kuala.

Darwis, M, 2008. Reorientation of Social Strata in Buginese Community. A Sociolinguistic Analysis. Jurnal Buletin Penelitian Universitas Hasanuddin, Vol. 7, Edisi Khusus.

Grimes, B.F. 1988. Ethnologue: languages of the world. Dallas, Texas: Summer Institute of Linguistics, Inc.

Gordon, Raymond. 2005. Ethnologue: Language of The World. 15th Edition. Dallas, Tex.: SIL International, Online Version: http://www.ethnologue.com/. Diakses 8 Oktober 2008.

Rachman, A. 2007. Fungsionalisasi Bahasa Melayu sebagai Norma Supranasional dan Bahasa Komunikasi Luas: Suatu Perspektif Sosiolinguistik. Prosiding Seminar Bahasa, Makassar, 12-14 November 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.