PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN SWASUNTING ARTIKEL ILMIAH UNTUK MAHASISWA MAGISTER BIDANG PENDIDIKAN PASCASARJANA UNIVERSITAS MATARAM

Sukardi Sukardi, Burhanuddin Burhanuddin, Lalu Ali Wardana

Abstract

Pengabdian ini dilakukan karena berangkat dari fakta masih cukup banyak mahasiswa magister bidang pendidikan Pascasarjana Universitas Mataram (Unram) belum mampu mempublikasikan hasil penelitiannya (tesis) pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau internasional. Oleh karenanya, tujuan pengabdian ini adalah membantu mahasiswa magister bidang pendidikan dalam melakukan swasunting artikel ilmiahnya sehingga layak untuk diterbitkan. Solusi yang ditawarkan berupa kegiatan pelatihan dan pendampingan dengan skenario implementasinya, meliputi: persiapan, pelatihan, pendampingan, monitoring dan evaluasi, dan  pelaporan hasil. Proses dilakukan menggunakan pendekatan andragogis yang mengedepankan dialog dan praktik. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa memiliki kompetensi terkait cara dan substansi tulisan yang akan dimuat dalam  jurnal ilmiah. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa terdapat 6 (enam) draft artikel yang sudah tersusun dan sudah memenuhi unsur kelayakan untuk publis, meskipun masih terdapat kesalahan-kesalahan minor. Implikasinya bahwa proses pelatihan dan pendampingan yang mengedepankan dialog dan praktik menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa menghasilkan karya ilmiah.

Full Text:

PDF

References

Al-Hakim, S. 2004. Strategi Pembelajaran Berdasarkan Deep Dialogue. P3G, Dirjen Dikdasmen.

Dundar, H. & Lewis, D.R. 1998. Determinants of Research Productivity in Higher Education. Research in Higher Education. 39(6), 21-32

Khairatun, L. I. K., Wilian, S., & Sukardi. 2016. Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Produktivitas Kerja Kepala Sekolah SMK/SMA/MA di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan (JPAP). 1(1).

Pascasarjana Universitas Mataram. 2017. Data Base Pascasarjana Universitas Mataram Tahun 2017. Mataram: PPs Unram.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 tahun 2015 tentang tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI).

Sukardi, Ismail, M., & Suryanti, N.M.N. 2014. Model Pendidikan kewirausahaan berbasis keterampilan lokal bagi anak putus sekolah pada masyarakat marginal. Cakrawala Pendidikan. 33(3), 402-412.

Sukardi. 2016. Design Model Prakarya dan Kewirausahaan Berbasis Ekonomi Kreatif Berdimensi Industri Keunggulan Lokal. Cakrawala Pendidikan. 35(1), 114-124.

Sukardi. 2017. Efektivitas Model Prakarya dan Kewirausahaan Berbasis Ekonomi Kreatif Berdimensi Keunggulan Lokal Terhadap Keinovatifan Siswa. Cakrawala Pendidikan. 36(2), 267-279.

Surat Edaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor Nomor 444/B/SE/2016 tentang implementasi SN-DIKTI pada program Magister, Doktor dan Doktor Terapan.

Wichian, N.S., Suwiman, W., & Suchada, B. 2009. Factors Affecting Research Productivity of Faculty Members in Government Universities: Lisrel and Neural Network Analysis. Kasetsart J. (Soc.Sci). 30: 67-78.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.