Comparative Judgement (CJ)

Ni Komang Riantini, Ratih Ayu Ayu Apsari

Abstract

Comparative judgement (CJ), merupakan suatu penilaian yang secara penuh hanya dilakukan oleh ahli di bidang keahliannya. Dalam penilaian CJ pengaturan ahli tidak menggunakan rubrik untuk menghitung skor untuk setiap siswa, sebaliknya ahli hanya memandang sekumpulan pekerjaan siswa dan mengidentifikasi mana yang lebih baik berdasarkan rubrik yang telah ditentukan dan mengidentifikasi jawaban siswa yang lebih baik dalam satu tes dengan membandingkan dua jawaban siswa kemudian mengurutkan peringkat dari yang terbaik sampai yang sangat kurang. Dalam makalah ini dipilih tiga ahli untuk membandingkan keduan jawaban siswa, dengan tes yang digunakan berupa tes essay. Subjek yang digunakan dalam makalah ini adalah siswa kelas XI AP 4 SMK Negeri 2 Singaraja dengan jumlah siswa 40 orang yang terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Potensi untuk CJ sebagai alat untuk kolaborasi internasional dalam penilaian, mengevaluasi pembelajaran siswa disekolah, keterlibatan, dan pengalaman siswa. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa penilaian dengan menggunakan CJ menunjukkan hasil yang sangat positif dan efektif dalam memfasilitasi penilaian siswa untuk mencapai solusinya dan meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

Kata kunci: Comparative Judgement (CJ), Penilaian Ahli

Full Text:

PDF

References

Laming, D. 2004. Marking university examinations: some lessons from psychophysics. Psychophysics Learning and Teaching, 3, 89-96.

Jones, I., Swan, M., & Pollit, A. 2014. Assessing mathematical problem soving using comparative judgement. International Jurnal of Science and Mathematics Education, 13, 151-177.

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: IMSTEP Universitas Pendidikan Ganesha.

Hamalik, O. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara

NCTM, 2000. Principles and Standards for School Mathematics.. http://www.netm.org/uploadedFile/Standards_and_Positions/PSSM_ExeeultiveSummary.pdf. Diakses pada tanggal 3 juli 2017

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

D’Arcy, J. 1997. Comparability Studies between Modular and Non-Modular Syllabuses in GCE Avanced Biology, English Literature and Mathematics in the 1996 summer examination Standing Committen on research on behalf of the Joint Forum for the GCSE and GCE.

Pollit, A. 2004. Let’s stop marking exams, International Association for educational Assessment Comference. Philadelphia PA.

Meadows, M., & Bilington, L. 2005. A review of the literature on marking reability. Manchester: AQA. No. RPA_05_MM_WP_05. A report produced for the National Assessment Agency.

Thurstone, L.L. 1927. A law of comparative judgement. Psychological Review, v34 n4 pp. 273-286.

Whitehouse, C. 2010. Using Adaptive Comparative Judgement to Obtain a Highly Reliable Rank Order in Summative Assessment. Guildford: AQA.

Wiersma, W. 1991. Research method in education. Fifth Edition. Boston: Allyn and Bacom.

Gay, L. 1987. Education research, Competencies for analysis and application. Third edition. Colombus: Merrill Publishing Company.

Long, T. J., Convey, J. J., & Chwalek, A. R. 1985. Completing dissertation in the behavioral sciences and education. London: Jossey-Bass Publishers.

Tsukida, K. and Gupta, M. R. (2011). How to Analyze Paired Comparison Data. Technical Report UWEETR-2011-0004. Department of Electrical Engineering University of Washington.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.