Efektivitas Metode Trapesium dan Simpson Dalam Penentuan Luas Menggunakan Pemrograman Pascal

Nining Herfina, Amrullah Amrullah, Junaidi junaidi

Abstract


Berdasarkan hasil dan pembahasan yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa:

  1. Metode trapesium dan metode Simpson dapat diimplementasikan pada bahasa pemrograman Pascal sehingga diperoleh software penentuan luas daerah poligon dengan hasil yang sama dengan nilai eksak.
  2. Metode trapesium dan metode Simpson sama-sama efektif dalam penentuan luas daerah berbentuk poligon. Perhitungan menggunakan bahasa pemrograman Pascal antara metode trapesium dan metode Simpson menunjukkkan bahwa hasil luas daerah berbentuk poligon sama dengan nilai eksaknya (tidak ada galat) serta dalam mengeksekusi algoritma pada pemrograman pascal tersebut menunjukkan waktu eksekusi yang sama.

Full Text:

PDF

References


Nurhadiyono, Bowo dan Rahayu, Yuniarsi. 2012. Penerapan Integrasi Numerik Menggunakan Metode Segiempat (Rectangle Rule) Untuk Menghitung Luas Daerah Beraturan. Jurnal Tecno.COM Vol. 11. No. 4: 181-193.

Subarinah, Sri. 2013. Metode Numerik. Mataram: FKIP Prees Universitas Mataram.

Underwood, A.L dan Day, R.A. 2002. Analisis Kimia Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.

Prasetya, Adi. 2016. Performansi Metode Trapesium dan Gauss Legendre Dalam Penyelesaian Integral Tertentu Berbantuan Matlab. Jurnal Mercumatika. Vol. 1. No. 1: 2.

Munir, Rinaldi. 2010. Matematika Dikstrit. Bandung: Informatika.

Rahayu, Puji. Perbandingan Solusi Numerik Metode Romberg dan Simulasi Monte Carlo Pada Penyelesaian Integral. Skripsi UIN Alauddin: Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.