PEMBELAJARAN KIMIA BAHAN ALAM INOVATIF MELALUI PRAKTIKUM

Aliefman Hakim, Liliasari Liliasari, Asep Kadarohman, Yana Maolana Syah, Iqbal Musthapa

Abstract


Abstrak: Kimia Bahan Alam (KBA) mengkaji jenis, distribusi, dan fungsi senyawa metabolit sekunder yang terkandung dalam organisme. Keanekaragaman metabolit sekunder berasal dari keanekaragaman hayati. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, sehingga berpotensi memajukan KBA. Namun, pembelajaran KBA di Indonesia umumnya belum didukung oleh kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum sangat sesuai dengan pembelajaran KBA sebagai bagian dari sains yang hakekatnya terdiri atas proses dan produk. Hasil tes kemampuan
prasyarat praktikum KBA dengan teknik pengumpul data CRI termodifikasi pada salah satu universitas negeri di kota Bandung, Indonesia menunjukkan bahwa peserta didik memiliki kesiapan mengikuti praktikum KBA dengan persentasi peserta didik yang paham konsep 56,14%, miskonsepsi 24,21%, dan tidak tahu konsep 19,65%. Persentase miskonsepsi yang tinggi (> 40% peserta didik) terjadi pada konsep ekstraksi maserasi, kromatografi kolom gravitasi, dan hukum Lambert-Beer, sedangkan konsep prasyarat yang tidak dipahami oleh peserta didik dengan persentase yang tinggi (> 40% peserta didik) terjadi pada konsep daerah spektrum IR dan interpretasi spektrum 1H-NMR. Tulisan ini juga membahas tentang model-model praktikum yang telah diterapkan dalam pembelajaran kimia dan memberikan argumentasi tentang model praktikum KBA yang sesuai untuk mengembangkan keterampilan generik sains, keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep peserta didik.

Keywords : Kimia Bahan Alam, metabolit sekunder, praktikum


Abstract: Natural Product Chemistry (NPC) assess the type, distribution, and function of secondary metabolites contained
in the organism. Diversity of secondary metabolites derived from biodiversity. Indonesia has a very high biodiversity, thereby potentially advancing NPC. However, learning NPC in Indonesia is generally not supported by practical activities. Laboratory activities is in accordance with NPC learning as part of the science
that consists of process and product. The test results prerequisite skills to NPC practicum with CRI modified data collection techniques at state university in Bandung (Indonesia) shows that learners have the readiness to follow NPC practicum as a percentage of learners who understand concepts of 56.14%; 24.21% misconceptions, and 19.65% do not know the concept. Percentage misconception highy (> 40% of students) occurred on the concept of maceration extraction, column chromatography of gravity, and the Beer-Lambert law, while the concept of  prerequisites that are not understood by learners with a high percentage (> 40% of students) occurred on the concept IR region of the spectrum and 1 H-NMR spectra interpretation. This paper
also discusses practical models that have been applied in the study of chemical and argue about the appropriate model of NPC practicum to develop the generic science skills, critical thinking skills and concept understanding of the learners.

Keywords: Natural Products Chemistry, secondary metabolites, practicum


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.