PENGARUH PENERAPAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK KOLOID TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2013/2014

Ni Luh Tresnanti Putri, Aliefman Hakim, Eka Junaidi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan keterampilan proses sains pada materi pokok koloid terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 8 Mataram. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Mataram dengan sampel penelitian XI IPA 3 sebagai kelas  eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan nilai pre-test sebagai data awal. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan memberikan perlakuan pada kelas  eksperimen (XI IPA 3) berupa pembelajaran dengan penerapan pendekatan keterampilan proses sains yang dinilai melalui metode praktikum sederhana, sedangkan pada kelas kontrol digunakan pendekatan konsep dengan metode ceramah. Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh melalui post-test, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 65,13 dengan ketuntasan klasikal 32,3%, sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 35,0 dengan ketuntasan 0%. Peningkatan hasil belajar dianalisis melalui uji hipotesis terhadap data N-Gain. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji Mann Whitney dan diperoleh Zhitung (5,19) > Ztabel (1,99). Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kimia dengan pendekatan keterampilan proses sains berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 8 Mataram yang ditunjukkan oleh data N-Gain pada materi pokok koloid.

Kata kunci : hasil belajar, keterampilan proses sains, koloid.


Abstract: This study was a quasi-experimental study aimed to determine the effect of the application of science process skills in the subject matter of colloid chemistry to the learning outcomes of class XI student of SMAN 8 Mataram. The population of this study were all science students of class XI SMAN 8 Mataram with sample XI IPA 3 as experimental class and class XI IPA 1 as the control class. Samples were taken using purposive sampling with the pre-test as the initial data. Treatment was given to class XI IPA 3 by application of science process skills, which was later on assessed through simple practical method. Control class was exposed to concept approach with lecture method. Data showed that learning outcomes mean values for experimental class was 65.13 with classical completeness of 32.3%, whereas for control class it was obtained 35.0 (mean values) with classical completeness 0%. Improved learning outcomes was analyzed by hypothesis of N-Gain. Hypothesis testing was performed using the Mann Whitney test and it was obtained that Zcount (5.19) > Ztable (1.99). This suggests that learning chemistry with science process skills approach is able to improve student learning outcomes in class XI IPA SMAN 8 Mataram, as shown by the data of the N-Gain in the subject matter colloids.

Keywords: learning outcomes, science process skills, colloids.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.