Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 4 Mataram

Muntari Muntari, Sukib Sukib, Eli Yanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMAN 4 Mataram. Jenis penelitian ini merupakan quasi experimentdengan rancangan pretest-posttest non-equivalent control group. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XMIA 2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional dan kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery). Nilai kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol (pretest-posttest) dianalisis menggunakan uji N-gain untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, diperoleh N-gain kelas eksperimen berkategori sedang (50%) dan kelas kontrol berkategori rendah (15%). Data hasil belajar kimia dianalisis menggunakan uji N-gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa, diperoleh N-gain kelas eksperimen berkategori tinggi (72%) dan kelas kontrol berkategori sedang (32 %). Hasil uji hipotesis pada kemampuan berpikir kritis menggunakan uji gain-t, diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel (3,5 > 1,67) pada taraf signifikan 5%, yang artinya terdapat pengaruh positif model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil uji hipotesis pada hasil belajar kimia menggunakan uji gain-t, diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel (3,3 > 1,67) pada taraf signifikan 5%, yang artinya terdapat pengaruh positif model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap hasil belajar kimia siswa. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMAN 4 Mataram.

 

Kata kunci: penemuan terbimbing (guided discovery), kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kimia

Full Text:

PDF

References

Lata, P., Dhayani, U., Luhach, S. 2013. “Inculating Critical Thinking Among Engineering Graduates through Public Speaking Course”. ELT Reaserch Journal. 2(4): 156-166

Melani, R. 2012. Pengaruh Metode Guided Discovery Learning terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kgnitif Biologi Siswa SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.(online), http://eprints.uns.ac.id/13651/1/1409- 3135-1-SM. pdf. Diakses pada tanggal 08 Maret 2016.

Mentari, W. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Artikel Skripsi. Universitas Lampung.

Muntari. 2015. Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Inquiri-Diskoveri untuk Optimalisasi Pencapaian Hasil Belajar Sesuai Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. Unesa. 118-119.

Purwanto, C.E. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Pemantulan Cahaya untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Unnes Physics Education Journal. 1(1): 26-32.

Qurniati, Devi, Andayani, Yayuk, dan Muntari. 2015. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 1(2). 64-67.

Rahmi, K.F. 2014. Pengaruh Model Guided Discovery Learning pada Larutan Penyangga (buffer) terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA. Skripsi S1, FKIP Untan, Pontianak.

Siti Fauziah. (2011). Model Pembelaran Fisika Konsep Kapasitor Keping Sejarah Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pengetahuan Konsep dan Mengetahui Profil Scientific Ability Siswa. Sripsi, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suhartini. 2018. Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika. E-Journal program pascasarjana Universitas Pendidikan Matematika. 1(1): 35-36.

Sumartini. 2013. “Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP”. E-journal program pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4 (1) : 1-13.

Udo, M. E. 2010. Effect of Guided-Discovery, Student-Centered Demontration and Expository Instructional Strategies on Students. Performance in Chemistry. African Journal Online. 4(4): 389-398.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.