Pengaruh Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Prestasi Belajar Kimia Materi Koloid Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 7 Mataram

Lusi Lolita, Mukhtar Haris, I Nyoman Loka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar kimia materi koloid pada siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kelas XI IPA 7 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dan kelas XI IPA 6 terpilih sebagai kelas kontrol diajar menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah dan tanya jawab). Data prestasi belajar dikumpulkan dari hasil posttest setelah siswa memperoleh materi pelajaran koloid. Hasil posttest menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,89, sedangkan kelas kontrol sebesar 68,42. Dari hasil uji normalitas diperoleh χ2hitung (21,52 untuk kelas kontrol dan 12,66 untuk kelas eksperimen) > χ2tabel (12,592) yang berarti bahwa data pada kedua kelas tidak terdistribusi normal, sehingga dilakukan uji hipotesis nonparametris Mann Whitney U-Test dan diperoleh Zhitung (3,39) lebih besar daripada Ztabel (1,645) pada taraf signifikan 5% yang menunjukkan hipotesis penelitian diterima, yaitu pembelajaran berbasis   inkuiri   terbimbing   memberikan   pengaruh   yang   lebih   baik   daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar kimia materi koloid pada siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram.

Keywords

Inkuiri Terbimbing, Koloid

Full Text:

PDF

References

Fauzia, E. N. 2014. Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah dan Penguasaan Konsep pada Topik Kacamata dan Lup. Jurnal Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang Vol.2, No.1.

Hanafiah, N. dan C. Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Hanggara, Y. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction, Inkuiri Terbimbing dan Konvensional pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kreativitas Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Blora. Jurnal Pembelajaran Matematika Vol 1, No 1.

Rahayu, H. S., M. Su’aidy dan Fauziatul F. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X SMA Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Kimia Vol.2, No.2.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saraswati, Nym Lili. I Kt Dibia, dan I Wyn Sudiana. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD di Gugus I Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha.

Suyanti, Retno Dwi. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.