Analisis Penanda Pasif Bahasa Sumbawa Dialek Sumbawa Besar

Authors

  • Rahmad Hidayat Universitas Mataram
  • Ratna Yulida Ashriany Universitas Mataram
  • Syamsinas Jafar Universitas Mataram

Keywords:

Kalimat Pasif, Penanda Pasif, Bahasa Sumbawa dialek Sumbawa Besar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji tesis pada penelitian sebelumnya mengenai penanda pasif bahasa Sumbawa dialek Sumbawa Besar. Tesis tersebut adalah (a) pemasifan dalam bahasa Sumbawa dialek Sumbawa Besar bergantung pada bentuk morfologi kata kerja dibandingkan dengan susunan kalimatnya, (b) morfem ka-, ya-, dan kaya- merupakan penanda pasif dalam bahasa Sumbawa dialek Sumbawa Besar, dan (c) preposisi ling ââ¬Ëolehââ¬â¢ merupakan penanda pasif yang opsional kehadirannya dalam konstuksi pasif bahasa Sumbawa dialek Sumbawa Besar. Pada tahapan pengumpulan data, digunakan metode Cakap dan Metode Simak. Metode Cakap menggunakan teknik dasar Pancing, teknik lanjutan Cakap Semuka, dan teknik lanjutan bawahan Lesap dan Ganti. Metode Simak menggunakan teknik dasar Sadap dengan teknik lanjutan Simak Bebas Cakap, Simak Bebas Libat Cakap, Rekam, dan Catat. Untuk memperkuat keabsahan data, digunakan juga metode Introspektif yaitu metode pemunculan data oleh peneliti sebagai penutur bahasa yang diteliti. Pada tahapan penganalisisan data, digunakan Metode Padan Intralingual dengan teknik hubung banding menyamakan (HBS) dan teknik hubung banding membedakan (HBB). Pada tahapan penyajian hasil penganalisisan data, digunakan metode formal dan metode informal. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, pemasifan dalam bahasa Sumbawa dialek Sumbawa Besar tergolong perifrastis dan bukan bergantung pada morfologi kata kerja. Kedua, morfem ka-, ya-, dan kaya- terbukti konsisten sebagai aspekyang bercirikan kala atau kewaktuan dalam kalimat pasif bahasa Sumbawa dialek Sumbawa Besar. Dalam pada itu, preposisi ling ââ¬Ëolehââ¬â¢ terbukti merupakan unsur wajib pemasifan kalimat dalam bahasa Sumbawa dialek Sumbawa Besar.

References

Alwi, Hasan. dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Carnie, Andrew, 2011. Modern Syntax: A Course Book. Cambridge: Cambridge University Press.

Fromkin, Victoria dan Robert Rodman. 1993. An Introduction to Language. Orlando: Harcourt Brace College Publishers.

Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Oââ¬â¢Grady, William dan Michael Dobrovolsky. 1992. Contemporary Linguistic Analysis. An Introduction. Toronto: A Longman Company.

Seken, I Ketut, dkk. 1990. Morfologi Bahasa Sumbawa. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.

Shopen, Timothy. 2007. Language Typology and Syntactic Description. Cambridge: Cambridge University Press.

Soemarsono. dkk. 1986. Morfologi dan Sintaksis Bahasa Sumbawa. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.

Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Downloads

Published

2020-06-17