Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Matematika Menyelesaikan Soal-Soal Olimpiade SMP dan SMA

Nani Kurniati, Sri Subarinah, Junaidi Junaidi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa pendidikan matematika FKIP Universitas Mataram dalam menyelesaikan soal-soal olimpiade SMP dan SMA. Penelitian dilakukan di FKIP Universitas Mataram dengan subyeknya adalah mahasiswa Pendidikan Matematika semester VIII dan jumlah sampelnya adalah 55 orang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah soal-soal olimpiade matematika yang terdiri dari 2 soal tingkat SMP dan 2 soal tingkat SMA. Data yang diperoleh dianalisis untuk mendapatkan gambaran tentang kemampuan menyelesaikan soal-soal olimpiade yang diklasifikasikan menjadi 5 kriteria yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang. Persentase jumlah mahasiswa dari masing-masing kriteria adalah 0% untuk kriteria sangat baik dan baik, 5,45%  kriteria cukup, 40% kriteria kurang dan 54,55% kriteria sangat kurang. Secara total kemampuan mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal-soal olimpiade SMP dan SMA berada pada kriteria sangat kurang dengan rata-rata nilai yang diperoleh adalah 35,77. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh untuk masing-masing soal tingkat SMP dan SMA berturut-turut adalah 44,45 dan 26,18 dengan kriteria kurang dan sangat kurang. Dari respon mahasiswa saat menyelesaikan soal-soal terungkap bahwa mahasiswa belum terbiasa bahkan bisa dikatakan tidak pernah meyelesaikan soal-soal olimpiade. Mengingat bahwa mahasiswa pendidikan matematika adalah calon guru, maka hasil penelitian ini bisa dijadikan acuan untuk memperbaiki sistem perkuliahan agar mahasiswa terbiasa menyelesaikan soal-soal olimpiade matematika tingkat SMP dan SMA.

Keywords:Soal-soal Olimpiade Matematika

 

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. .2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

PT Rineka Cipta.

Chairani, Z. 2016. Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika.

Yogyakarta: Depublish

Hartawan, dkk, 2017. Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Bidang Olimpiade Matematika Tingkat SMP. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2017 Isbn : 978-602-6428-12-7

Holidun. 2017. Analsis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelompok Matematika Ilmu Alam (MIA) dan Ilmu Sosial (IIS) Kelas XI MAN 1 Bandar Lampung Ditinjau dari Minat Belajar. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Khalidah, Noera. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII MTsN Cot Gleumpang.. Banda Aceh: UIN AR-Raniry.

NCTM (national Council of Theacher of Mathematics), 2000. Principle and Standars for School Mathematics. Reston. VA : NCTM

Prayitno,S. Dkk, 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unram. Mataram : Laporan Penelitian.

Suherman, E. 2003. Strategi Pemeblajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.