Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Kelas XII SMK Negeri 1 Sumbawa Besar

Nining Andriani, I Gusti Made Sulindra, I Made Sentaya, Faijah Faijah, Fatmawati Fatmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran produk kreatif kelas XII SMK Negeri 1 Sumbawa Besar tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini difokuskan pada nilai kerja keras, kreatif dan kecekatan pada pelajaran produk kreatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan fenomonologi. Untuk memperoleh data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahahapan (1) reduksi data (2) penyajian data (3) menarik kesimpulan. Selanjutnya untuk melakukan uji keabsahan data dilakukan trianggulasi sumber dimaksudkan untuk membandingkan dan mengecek kebenaran data yang diperoleh dari informan dengan informan lain dan trianggulasi metode, dimaksudkan mengecek kebenaran data yang diperoleh dari informan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah melalui implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran produk kreatif berkembang bagus ini dilihat dariĀ  penerapan Nilai Kerja Keras yang dilakukan guru kepada siswa adalah (baik), siswa diajarkan untuk berwirausaha dengan guru memberikan dorongan kepada siswa untuk menjalankan usaha dengan sungguh- sungguh dan semangat. Begitupun dengan Nilai Kreatif yang diterapkan, guru adalah (baik) yaitu memberikan kebebasan kepada siswa untuk berkreasi dan memodifikasi berdasarkan ide mereka dan penerapan Nilai kecekatan (baik) yaitu guru memberikan dorongan agar siswa bekerja cepat, lincah dan mahir dalam setiap kegiatan untuk mencapai target sesuai yang direncanakan. Penerapan pendidikan karakter ini merubah siswa menjadi lebih kreatif untuk menciptakan produk- produk dan lebih bersungguh- sungguh dalam mengerjakan kegiatan pembelajaran dalam mata pelajaran produk kreatif/ praktek.

Keywords

Karakter; Kerja Keras; Kreatif; Cekatan.

Full Text:

PDF

References

Aqib, Zainal. (2010). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Aisyah, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP melalui Pembelajaran Matematika dengan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT). UPI: Tidak diterbitkan.

Buchori Alma. (2014). Managemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alpabeta

Farah Bahroini Nanda. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Kelas XI Jasa Boga SMK Negeri 7 Malang. Malang. Universitas Muhamadiyah Malang.

Hardianti, W. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Map. Unpas Bandung: Tidak diterbitkan.

Hidayatullah M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta. Yuma Pustaka

Miles & Hubberman (Sugiyono). 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Pustaka Setia.

Mulyasa. E. (2012). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. Pt Remaja Rosdakarya Offset

Septiawati Tanti. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII MTSN 1 Sumbawa Besar. Sumbawa Besar. Universitas Samawa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.