IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS XII IPA PADA KONSEP GENETIKA DENGAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)

Yusminah Hala, Arianti Indah Mangoling, Andi Faridah Arsal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas XII IPA SMA yang mengalami miskonsepsi, paham dan tidak paham konsep pada konsep genetika; subkonsep yang sering menjadi miskonsepsi dan faktor-faktor penyebab terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini menggunakan teknik CRI (Certainty of Response Index). Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Tondon Kabupaten Toraja Utara. Sampel sebagai subjek penelitian ialah siswa kelas XII IPA. Teknik pemilihan sampel yakni teknik sampling jenuh. Instrumen menggunakan tes diagnostik berbentuk pilihan ganda yang dilengkapi dengan nilai CRI dan wawancara tertulis untuk mengetahui penyebab miskonsepsi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi miskonsepsi pada 5 subkonsep yang diteliti dengan persentase yang mengalami miskonsepsi, paham konsep dan tidak paham konsep berturut-turut sebesar 27,78%; 33,14% dan 39,08%. Persentase siswa yang paling tinggi mengalami miskonsepsi terdapat pada subkonsep mutasi sebesar 43,33% dan subkonsep pewarisan sifat sebesar 35,57%. Faktor-faktor yang menjadi penyebab miskonsepsi yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi genetika dikarenakan materi genetik memiliki pembahasan yang rumit dan juga istilah atau simbol yang tidak mudah diingat, metode mengajar guru yang hanya menekankan satu segi saja dari konsep yang diajarkan dan tidak ada umpan balik antara guru dan siswa, pembahasan pada buku teks memiliki tata bahasa yang sulit dimengerti siswa.

Kata kunci: miskonsepsi, CRI, konsep genetika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.