PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Eko Triansyah, Irwandi Irwandi, Meti Herlina, Fitri Ramadhanis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu, yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, sampel yang diambil secara simple random sampling dari 92 siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian adalah Pretest-Postest Control Grup Desain.
Instrument yang digunakan adalah instrument hasil tes belajar siswa. Hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas model pembelajaran NHT adalah 80,64 dan pada kelas model pembelajaran TPS nilai hasil belajarnya adalah 75,83 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 64,83. Dan setelah dilakukan uji Anova diperoleh
nilai signifikan 0,000 artinya < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dengan demikian berdasarkan analisis data dan pembahasan disimpulkan yaitu ada perbedaan yang signifikan dari kelas eksperimen NHT, TPS dan kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan kelas eksperimen model NHT dan TPS memberikan pengaruh yang signifikan dibandingkan Konvensional. Sedangkan model pembelajaran yang lebih efektif dan cocok digunakan dalam pembelajaran IPA Biologi khususnya materi Ekosistem Kepadatan Populasi adalah model pembelajaran NHT di karenakan model pembelajaran NHT memiliki skor nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran TPS dan konvensional dengan skor nilai ratarata secara berurutan yaitu 80.64, 75.83, 64.83.

Kata kunci: hasil belajar, numbered head together (NHT), think pair share (TPS).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.