PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Authors

  • Eko Triansyah
  • Irwandi Irwandi
  • Meti Herlina
  • Fitri Ramadhanis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa di SMP Negerià11 Kota Bengkulu, yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) danàThink Pair Share (TPS). Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, sampel yangàdiambil secara simple random sampling dari 92 siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompokàeksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian adalah Pretest-Postest Control Grup Desain.
Instrument yang digunakan adalah instrument hasil tes belajar siswa. Hasil belajar kelompokàeksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas modelàpembelajaran NHT adalah 80,64 dan pada kelas model pembelajaran TPS nilai hasil belajarnyaàadalah 75,83 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 64,83. Dan setelah dilakukan uji Anova diperoleh
nilai signifikan 0,000 artinya < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.àMaka dengan demikian berdasarkan analisis data dan pembahasan disimpulkan yaitu adaàperbedaan yang signifikan dari kelas eksperimen NHT, TPS dan kelas kontrol. Hal ini menunjukanàbahwa penggunaan kelas eksperimen model NHT dan TPS memberikan pengaruh yang signifikanàdibandingkan Konvensional. Sedangkan model pembelajaran yang lebih efektif dan cocokàdigunakan dalam pembelajaran IPA Biologi khususnya materi Ekosistem Kepadatan Populasiàadalah model pembelajaran NHT di karenakan model pembelajaran NHT memiliki skor nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran TPS dan konvensional dengan skor nilai ratarata secara berurutan yaitu 80.64, 75.83, 64.83.

Kata kunci: hasil belajar, numbered head together (NHT), think pair share (TPS).

Downloads

Published

2018-06-08