KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Saparudin Saroni, Rusdi Hasan, Nasral Nasral, Simbuldin Simbuldin

Abstract


Penelitian ini apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan minat belajar mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan yang menggunakan model pembelajaran PBL dan Inkuiri dengan menggunakan Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Test Post-Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Biologi FKIP UMB semester IV yang berjumlah 95 orang mahasiswa yang terbagi ke dalam tiga kelas, dua kelas sebagai eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes essai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan angket untuk mengukur minat belajar mahasiswa. Kemudian data dianalisis menggunakan uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan melalui model pembelajaran PBL dengan menggunakan Mind Mapping, model pembelajaran Inkuiri dengan menggunakan Mind Mapping dan Konvensional. Terdapat perbedaan minat belajar mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan melalui model pembelajaran PBL dengan menggunakan Mind Mapping, model pembelajaran Inkuiri dengan menggunakan Mind Mapping dan Konvensional. Model pembelajaran PBL dengan menggunakan Mind Mapping lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan minat belajar mahasiswa dibandingkan dengan model pembelajaran Inkuiri dengan menggunakan Mind Mapping dan lebih baik dibandingkan model pembelajaran Konvensional.


Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, minat belajar, model PBL, model inkuiri, mind
mapping.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.