PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN 2 LABUAPI

Suhartiningsih Suhartiningsih

Abstract


Telah dilakukan penelitian penerapan pembelajaran kooperatif Team Game Tournament (TGT) yang berbasis pada kompetisi dalam permainan. Penelitian bertujuan mengamati dan mengukur sejauh mana efektivitas penerapan model TGT dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswa SMAN 2 Labuapi Tahun Pelajaran 2016-2017 untuk pelajaran Biologi khususnya materi sistem regulasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA1 yang berjumlah 22 orang dengan teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi tingkat kepuasan siswa dan tes evaluasi (pre-test dan post-test). Hasil analisis data menunjukkan tingginya tingkat kepuasan siswa terhadap penerapan model pembelajaran TGT yaitu sebesar 89,36%. Hasil belajar kognitif yang diperoleh melalui post-test meenunjjukkan peningkatan yang signifikan untuk setiap siklus dimana nilai rata-rata post tes untuk siklus I mencapai 77,37dengan tingkat ketuntasan mencapai 68,18% dan untuk siklus II mencapai nilai rata-rata 95,53 dengan ketuntasan 81,82%. Dari hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT sangat efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata kunci : efektivitas, pembelajaran, TGT, tindakan kelas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.