PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN 5E TERHADAP KESADARAN METAKOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTsN 1 MATARAM

Anis Sulviana, A. W. Jufri, Lalu Japa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran 5E terhadap kesadaran metakognitif dan sikap ilmiah siswa. Penelitianinidi lakukan dengan pola eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah: seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Mataram tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 282 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik Purposive Sampling sehingga didapatkan 72 siswa sebagai sampel kelas yaitu: kelas VIII-1 (36 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 (36 siswa) sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: MAI (Metacognitive Awareness Inventory) yang sudah diterjemahkan terdiri dari 52 butir pernyataan dan Angket Sikap Ilmiah yang terdiri dari 34 butir pernyataan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran 5E menunjukan perbedaan terhadap kesadaran metakognitif dan sikap ilmiah siswa sehingga dapat diambil keseimpulan bahwa: 1) model pembelajaran 5E berpengaruh positif terhadap kesadaran metakognitif siswa pada taraf  kesalahan 5% yaitu: (t hitung= 3,90>t tabel= 1,99) dan 2) model pembelajaran 5E berpengaruh positif terhadap sikap ilmiah siswa pada taraf signifikan 95% yaitu:(t hitung= 3,97>t tabel= 1,99).

Kata kunci: 5E, kesadaran metakognitif, sikap ilmiah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.