PEMANFAATAN MODEL JURNAL BELAJAR KOTAK BERHIAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Lianto Lianto, A. W. Jufri, I. Wayan Merta

Abstract


Telah dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk menguji efektivitas jurnal belajar model kotak berhias (JBMKB) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dengan pola kuasi eksperimen dengan nonequivalent kontrol group design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Labuapi tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 118 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas X IPA 1 dan kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) JBMKB efektif dalam meningkatkan motivasi belajar (p-value = 0,00 < α = 0,05) dan 2) hasil belajar siswa (p-value = 0,00 < α = 0,05). Dapat disimpulkan bahwa jurnal belajar model kotak berhias efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: JBMKB, motivasi, hasil belajar, kognitif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.