ANALISIS KETERAMPILAN ABAD KE-21 (21STCENTURY SKILLS) MAHASISWA PADA PERKULIAHAN TEKNIK DAN MANAJEMEN LABORATORIUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS RIAU

Arnentis Arnentis, Yuslim Fauziah, Wiwik Asmawi

Abstract


Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis keterampilan abad ke-21 mahasiswa pada perkuliahan Teknik dan Manajemen Laboratorium di program studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan populasi seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teknik dan Manajemen Laboratorium tahun akademis 2014/2015. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik total sampling berdasarkan data kualitatif dan kuantitatif, sumber data berasal dari data primer.
Data primer diperoleh dari angket dengan jumlah responden 88 mahasiswa. Parameter yang digunakan adalah 5 elemen keterampilan abad ke-21 yang terdiri atas literasi era digital, pemikiran inventif, komunikasi efektif, produktivitas tinggi dan kerohanian/nilai murni yang berkaitkan dengan perkuliahan Teknik dan Manajemen Laboratorium. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini berupa angket tertutup dan angket terbuka. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa
keterampilan abad ke-21 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teknik dan Manajemen Laboratorium termasuk kategori baik dengan rata-rata 3,91. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teknik dan Manajemen Laboratorium mampu menghadapi tantangan abad ke-21.


Kata kunci: keterampilan, perkuliahan teknik, manajemen Laboratorium


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.