HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA KELAS XI JURUSAN IPA DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sri Amnah, Yeyen Febriani, Laili Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara konsep diri dan cara belajar dengan hasil belajar biologi pada siswa kelas XI jurusan IPA di SMA Negeri Sekecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-April 2017. Metode penarikan sampel proportionale stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis Pearson Product Moment. Hasil penelitian tingkat kemampuan akademik siswa menunjukkan; (1) terdapat hubungan yang rendah antara konsep diri dan cara belajar (0,230), (2) hubungan konsep diri dan hasil belajar biologi kategori rendah sebesar 0,288, (3) cara belajar dan hasil belajar biologi kategori rendah yakni 0,342, dan (4) antar konsep diri, cara belajar dan hasil belajar terdapat hubungan dengan kategori sedang (0,423). Berdasarkan hubungan pada tingkat kemampuan akademik siswa untuk uji signifikan didapat bahwa; (1) kemampuan akademik tinggi di dapat t hitung (3,782) > t tabel (2,012), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya pada tingkat kemampuan akademik sedang di dapat thitung (2.979) > t tabel (1,985), maka Ho ditolak Ha diterima. Serta pada tingkat kemampuan akademik rendah di dapat thitung (3,305) > t tabel (2,012), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Uji signifikan berdasarkan analisis korelasi Product Moment dengan taraf signifikan 5%. Dapat diketahui bahwa t hitung (0,711) > t tabel (0,197), maka Ho ditolak
dan Ha diterima. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan cara belajar dengan hasil belajar berdasarkan tingkat kemampuan akademik siswa kelas XI jurusan IPA di SMA Negeri Se-Kecamatan Marpoyan Damai Tahun Pelajaran 2016/2017.


Kata kunci: konsep diri, cara belajar, hasil belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.