PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN METODE KARTU MATRIK INGATAN DAN TURNAMEN (KMIT) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMA NEGERI 7 MATARAM

Tri Sari Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa selama mengikuti pembelajaran biologi dengan penerapan metode Kartu Matrik Ingatan dan Turnamen melalui pendekatan saintifik. Penelitian dilakukan pada kelas XI IPA 4 dan kelas XI IPA 5 semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebagai sampel sebanyak 64 siswa. Keaktifan siswa diukur melalui indikator: (1) siswa melaksanakan tugas yang diberikan secara berkelompok; (2) kemauan siswa untuk bertanya atas permasalahan yang belum diketahui; (3) kepedulian siswa terhadap kesulitan sesama kelompok; (4) siswa ikut serta dalam menjawab permasalahan; dan (5) siswa memberikan ide atau pendapat.Keaktifan siswa diukur menggunakan lembar observasi dengan melibatkan 3 (tiga) orang guru. Data hasil pengamatan keaktifan siswa diukur dengan menggunakan skala 4 (empat) dengan rentang 1 – 4 dimana 1=tidak aktif, 2=kurang aktif, 3=aktif, dan 4=sangat aktif. Data yang diperoleh selanjutnya dikonversikan dalam skala nilai 1-100. Keaktifan siswa diamati ketika siswa memperoleh pembelajaran Biologi dengan metode kartu, matriks ingatan, dan turnamen. Data keaktifan siswa pada setiap metode dikumpulkan masing-masing dalam 3 (tiga) kali pertemuan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa keaktifan siswa dengan metode kartu adalah 76.76, dengan metode matrik ingatan adalah 76.14, dan dengan metode turnamen adalah 81.8.


Kata kunci: metode kartu matrik ingatan, turnamen, dan pendekatan saintifik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.