RESPON SISWA MENENGAH PERTAMA DAN SISWA MENENGAH ATAS TERHADAP STRATEGI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS LINGKUNGAN ALAM SEKITAR

Rendi Zulni Ekaputri, Bhakti Karyadi, Agus Susanta

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran biologi yang berbasis lingkungan alam sekitar yaitu area konservasi Universitas Bengkulu (Unib). Area konservasi Universitas Bengkulu merupakan sumber belajar bagi siswa Sekolah Menengah Pertama dan Atas di Provinsi Bengkulu. Penelitian ini merujuk pada langkah langkah Research and Development yang diawali (1) tahap perencanaan, (2) tahap pengembangan dan (3) tahap uji efektivitas. Strategi pembelajaran biologi yang diterapkan meliputi tiga tahap pembelajaran; Introduksi, Eksplorasi, Interpretasi (IEI) yang dilengkapi dengan bahan ajar biologi Berbasis Lingkungan Alam Sekitar (BLAS). Hasil penelitian mengindikasikan bahwa dari 15 item pertanyaan, mean skor untuk respon siswa SMA sederajat tertinggi yaitu, 4.69 dan siswa SMP sederajat, nilai mean skor tertinggi yaitu 4.74. lebih lanjut, uji beda berpasangan (paired sample t test) juga dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan skor mean atas respon siswa SMAN/MAN dan SMP/MTS sederajat. Hasil output uji beda menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara respon siswa SMAN/MAN dan SMP/MTS (p > 0.05).

 

Kata Kunci : langkah pembelajaran, IEI, bahan ajar, BLAS, respon siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.