ANALISIS HASIL PERENCANAAN PENGGUNAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN OPEN CLASS MAHASISWA PPL 2 TAHUN 2017

Femmy Roosje Kawuwung

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hasil perencanaan penggunaan perangkat pembelajaran dalam kegiatan open class mahasiswa PPL 2. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 5 mahasiswa. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Wori & SMA Katolik St.Rosa de Lima, kls X & kls XI, pada tgl 15 & 17 Mei 2017. Peneliti berperan sebagai observer dalam lima (5) kegiatan open class. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa; RPP tahap Apersepsi, 1) dari 5 guru model terdapat 3 guru yang membuka pembelajaran dengan doa, 2) terdapat 3 guru yang tahap apersepsi mengeksplor pengetahuan awal peserta didik, 3) terdapat 2 guru yang setelah mengeksplor dilanjutkan menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran, 4) terdapat 1 guru yang tidak memperhatikan alokasi waktu; Tahap Kegiatan Inti, 5) terdapat 2 guru yang menyampaikan topik dan sub topik, 6) terdapat 4 guru yang melaksanakan pembelajaran secara koperatif, 7) terdapat 3 guru yang kooperatifnya tidak jelas, 8) terdapat 4 guru pada kegiatan inti RPP yang disusun tidak jelas bagaimana kegiatan peserta didik, 9) terdapat 5 guru dalam RPP khusus kegiatan inti strategi pembelajaran yang digunakan tidak nampak, 10) terdapat guru yang memberikan secara keseluruhan soal yang telah dipersiapkan tanpa memperhatikan alokasi waktu & terdapat 2 guru yang memberikan soal pilihan ganda & 3 lainnya soal esai; Tahap Penutup, 11)
dalam mengambil kesimpulan terdapat 2 guru yang menopoli sehingga kelihatan dibuat oleh guru, 12) terdapat 3 guru yang mengambil kesimpulan bersama peserta didik; LKPD 13) LKPD
seharusnya dipersiapkan untuk semua peserta didik.


Kata kunci: perencanaan, rpp, LKPD


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.