PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOGNITIF SISWA SMA

Irwandi Irwandi, Nuri Wulandari, Adrian Topano

Abstract


Guru  Biologi  kecenderungan lebih banyak transfer of knowledge, kurang  mengembangkan pembelajaran  kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan  kognitif siswa SMA di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen Randomized Pretest-Postest only Control Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kognitif siswa, 2) melalui PBL hasil  kemampuan kognitif siswa lebih baik dibandingkan berpikir kritis. Siswa mampu  untuk mengatasi masalah pembelajaran  melalui pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL adalah strategi pembelajaran yang baik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kognitif siswa dalam pembelajaran Biologi di SMA.

 

Kata kunci : berpikir kritis, kognitif dan problem-based learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.