IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN SAINS (BIOLOGI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA SMP DI SAMARINDA

Authors

  • Herliani Herliani

Abstract

Lesson study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui kegiatan pengkajianàpembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok pendidik (guru/dosen) secara kolaboratif danàberkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yangàmeningkatkan keaktifan siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan inkuiriàterbimbing (guided inquiry) dengan suatu strategi yang berpusat pada siswa (student-centeredstrategy). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswaàsetelah implementasi Lesson Study dalam pembelajaran Sains (Biologi) dengan menggunakan modelàProblem Based Learning (PBL) dan Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada siswa SMP diàSamarinda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Sampelàpenelitian adalah siswa SMP Negeri 7 Samarinda kelas VII-H yang berjumlah 39 orang dan siswaàSMP Negeri 2 kelas VII-1 yang berjumlah 26 orang. Penguasaan konsep pada hasil belajar siswa SMP
Negeri 7 Samarinda melalu penerapan lesson study dengan menggunakan model problem basedàlearning (PBL) mengalami peningkatan. Pada pertemuan 1 persentase ketuntasan klasikal post testàsebesar 75,12 %, pada pertemuan 2 persentase ketuntasan klasikal post test sebesar 80,64 %, padaàpertemuan 3 persentase ketuntasan klasikal post test sebesar 84,23 %. Penguasaan konsep yang dilihatàdari hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Samarinda melalui menerapkan lesson study dalamàpembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) mengalami peningkatan. Dimana pada pertemuan 1àpersentase ketuntasan klasikal post test sebesar 73,07 %, pada pertemuan 2 persentase ketuntasanàklasikal post test sebesar 83,33 %, selanjutnya pada pertemuan 3 persentase ketuntasan klasikal postàtest sebesar 96 %.

Kata kunci: lesson study, problem based learning, inkuri terbimbing

Downloads

Published

2018-06-08