IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN SAINS (BIOLOGI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA SMP DI SAMARINDA

Herliani Herliani

Abstract


Lesson study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui kegiatan pengkajian pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok pendidik (guru/dosen) secara kolaboratif dan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang meningkatkan keaktifan siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan suatu strategi yang berpusat pada siswa (student-centeredstrategy). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa setelah implementasi Lesson Study dalam pembelajaran Sains (Biologi) dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada siswa SMP di Samarinda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa SMP Negeri 7 Samarinda kelas VII-H yang berjumlah 39 orang dan siswa SMP Negeri 2 kelas VII-1 yang berjumlah 26 orang. Penguasaan konsep pada hasil belajar siswa SMP
Negeri 7 Samarinda melalu penerapan lesson study dengan menggunakan model problem based learning (PBL) mengalami peningkatan. Pada pertemuan 1 persentase ketuntasan klasikal post test sebesar 75,12 %, pada pertemuan 2 persentase ketuntasan klasikal post test sebesar 80,64 %, pada pertemuan 3 persentase ketuntasan klasikal post test sebesar 84,23 %. Penguasaan konsep yang dilihat dari hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Samarinda melalui menerapkan lesson study dalam pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) mengalami peningkatan. Dimana pada pertemuan 1 persentase ketuntasan klasikal post test sebesar 73,07 %, pada pertemuan 2 persentase ketuntasan klasikal post test sebesar 83,33 %, selanjutnya pada pertemuan 3 persentase ketuntasan klasikal post test sebesar 96 %.

Kata kunci: lesson study, problem based learning, inkuri terbimbing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.