ANALISIS BUTIR SOAL BUATAN GURU PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 1 LOLAK KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW

Eva Serly Lovihan, Felma Tri Utami Lombu

Abstract


Evaluasi  hasil  belajar  siswa  dengan  tes  soal  buatan  Guru  memberikan  kontribusi  yang  baik terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Baik tidaknya soal tes yang diujikan sangat dipengaruhi oleh kemampuan  seorang  guru  dalam  menyususn  soal.  Butir  soal    merupakan  alat  ukur  untuk  mengukur kemampusn  siswa    harus  berkualitas  baik,  sehingga  butir  soal  yang  digunakan  dapat  dijadikan  dasar untuk  menentukan  keberhasilan  proses  pembelajaran.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui kualitas  butir  soal  ujian  semester  genap  tahun  ajaran  2014/2015  buatan  guru  dan  peneliti  pada  mata pelajaran IPA di SMP N 1 Lolak berdasarkan analisis validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menguji butir soal buatan Guru sebanyak 35 butir  soal  objektif  dan  5 butir  soal  uraian,  dan  butir  soal  yang  disusun  peneliti  sebanyak  40  butir soal objektif dan 5 butir soal uraian. Hasil analisis validitas dihitung rumus korelasi product moment dengan  angka  kasar,  reliabilitas  dengan  rumus  KR-20  memiliki  nilai  koefisien  reliabilitas  tes  lebih besar  dari  0,70  yaitu  0,7635  dan  rumus  Flanangan  memiliki  nilai  koefisien  reliabilitas  tes  sebesar 0,8266  ,  daya  pembeda  dan  tingkat  kesukaran  pada  butir  soal  objektif  buatan    guru  telah  memiliki kualitas yang baik sebanyak 22 butir soal dan  butir soal bentuk soal uraian belum memiliki kualitas yang memadai. Sedangkan  butir soal objektif yang disusun peneliti telah memiliki kualitas yang baik sebanyak 28 butir soal dan 5 butir soal bentuk uraian.   

Kata kunci: analisis validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukatan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.