ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS BIOLOGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK YANG BERBEDA DI SMAN 1 KAYANGAN

Muhamad Taofiq, Dadi Setiadi, Gito Hadiprayitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dan interaksi kemampuan literasi sains melalui implementasi model pembelajaran inkuiri dan Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari kemampuan akademik yang berbeda di SMAN 1 Kayangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain factorial 2x2. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari kelas X sains 1 dan X sains 2 dengan mengimplementsikan model pembelajaran yang berbeda. Pada kelas X sains 1 diimplementasikan model pembelajaran inkuiri sedangkan kelas X sains 2 diimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Teknik analisis data menggunakan uji anakova. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi sains siswa kelas X di SMAn 1 Kayangan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran PBL (nilai p < 0,05). Disamping itu ditemukan adanya interaksi antara kemampuan
akademik dengan implementasi model pembelajaran terhadap kemampuan literasi sains siswa di SMAN 1 Kayangan (p < 0,05).


Kata kunci: kemampuan literasi, model pembelajaran, kemampuan akademik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.