PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA PERKULIAHAN BIOLOGI DASAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING

Muhiddin Palenari, Hamka Lodang, Faisal Faisal

Abstract


Era pengetahuan merupakan era yang membutuhkan berbagai keterampilan intelektual seperti keterampilan berpikir kritis, keterampilan metakognisi dan pemecahan masalah. Era tersebut menjadi pendorong perbaikan sektor pendidikan pada semua jalur dan jenjang pendidikan termasuk di perguruan tinggi. Salah satu pembelajaran yang dapat memacu keterampilan intelektual yang diperlukan di era pengetahuan adalah problem based learning (PBL). Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada perkuliahan Biologi Dasar dengan penerapan RPP-PBL dan LKM-PBL. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di Fakultas MIPA pada Jurusan Fisika, Jurusan Kimia, dan Jurusan Biologi FMIPA UNM. Instrument pengumpulan data terdiri dari angket tanggapan mahasiswa terhadap perkuliahan, tes pemahaman konsep Biologi Dasar terintegrasi dengan keterampilan berpikir kritis. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada umumnya berada pada kategori “mulai berkembang” dan terdapat mahasiswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis dengan kategori “berkembang sangat baik” dan tidak ada yang memiliki keterampilan berpikir kritis dengan kategori “masih berisiko”.

Kata kunci: era pengetahuan, keterampilan berpikir kritis, PBL


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.