PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN ANDRAGOGI SEBAGAI UPAYA MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI

Mei Indra Jayanti, Fahruddin Fahruddin

Abstract


Peran guru sebagai fasilitator pembelajaran menjadi penting untuk diperhatikan seiring harapan terhadap peningkatan kualitas hasil belajar siswa. Agar dapat menghasilkan guru yang berkompeten, maka pembinaan terhadap mahasiswa calon guru perlu dilakukan dengan seefektif mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan andragogi dan model pembelajaran non-PBMA serta mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa calon guru biologi STKIP Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal komparasi dengan penelitian yang digunakan adalah post-test only control design. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa calon guru biologi STKIP Bima antara kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan andragogi (PBMA) dibandingkan kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran non-PBMA. Rerata kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas PBMA berada pada kategori baik (75,13) sedangkan mahasiswa kelas non-PBMA berada pada kategori sedang (68,45).

Kata kunci :  berbasis masalah, pendekatan andragogi, berpikir kritis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.