PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READING – CONCEPT MAP – STAD

Fahmil Ikhsan Taharu

Abstract


Membaca sangat penting dalam mempelajari suatu disiplin ilmu karena dapat membantu untuk mengetahui terminologi maupun untuk membangun pemahaman tentang suatu topik. Oleh karena itu penting untuk mengintegrasikan aktivitas membaca dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran reading concept map student team achievement division (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus dimana setiap siklus terdiri atas tiga pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas 03 semester pertama pada tahun tahun akademik 2016-2017. Subjek penelitian sebanyak 20 orang mahasiswa terdiri atas 18 orang mahasiswi dan 2 orang mahasiswa. Peningkatan hasil belajar kognitif diukur melalui pemberian tes kognitif pada akhir setiap siklus. Respon siswa terhadap model pembelajaran diperoleh melalui pemberian angket, keterlaksanaan pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi dan dilakukan penilaian produk terhadap concept map yang dibuat oleh mahasiswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan rerata skor hasil tes kognitif mahasiswa yaitu dari 70.29 pada siklus I menjadi 79.29 pada siklus II dan 86.18 pada siklus III. Peningkatan juga ditunjukkan pada persentase keterlaksanaan pembelajaran dan persentase rerata skor concept map mahasiswa, serta respon mahasiswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon yang positif, sehingga diperoleh bahwa model pembelajaran reading concept map – STAD dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Buton pada mata kuliah pengantar pendidikan.


Kata Kunci: hasil belajar, reading-concept map, STAD.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.