PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERBANTUAN MULTIMEDIA DAN KEMAMPUAN AKADEMIK TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 MATARAM

Susilawati Susilawati, Jamaluddin Jamaluddin, Imam Bachtiar

Abstract


Pembelajaran berbasis masalah berbantuan multimedia merupakan model pembelajaran dan media pembelajaran yang dirancang secara terintegrasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan multimedia dan kemampuan akademik terhadap literasi sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimen) dengan desain penelitain yaitu non equivalent pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017, dan penentuan sampel dilakukan dengan haphazard sampling, sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII sebanyak 4 (empat) kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengukur literasi sains adalah pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan multimedia secara signifikan berpengaruh terhadap N-gain
dalam literasi sains peserta didik; (2) Kemampuan akademik berpengaruh terhadap N-gain dalam literasi sains peserta didik; (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah berbantuan multimedia dengan kemampuan akademik terhadap N-gain dalam literasi sains peserta didik. Kelompok peserta didik dengan akademik rendah mengalami peningkatan lebih besar daripadapeserta didik dari kelompok akademik tinggi.


Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah (PBM), multimedia, literasi sains


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.