PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERBANTUAN MULTIMEDIA DAN KEMAMPUAN AKADEMIK TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 MATARAM

Authors

  • Susilawati Susilawati
  • Jamaluddin Jamaluddin
  • Imam Bachtiar

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah berbantuan multimedia merupakan model pembelajaran danàmedia pembelajaran yang dirancang secara terintegrasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahuiàpengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan multimedia dan kemampuanàakademik terhadap literasi sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasiàexperimen) dengan desain penelitain yaitu non equivalent pre-test post-test control group design.àPopulasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Mataram Tahun Pelajaranà2016/2017, dan penentuan sampel dilakukan dengan haphazard sampling, sampel yang diambil dalamàpenelitian ini adalah peserta didik kelas VII sebanyak 4 (empat) kelas. Instrumen yang digunakanàuntuk mengukur literasi sains adalah pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Modelàpembelajaran berbasis masalah berbantuan multimedia secara signifikan berpengaruh terhadap N-gain
dalam literasi sains peserta didik; (2) Kemampuan akademik berpengaruh terhadap N-gain dalamàliterasi sains peserta didik; (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran berbasis masalahàberbantuan multimedia dengan kemampuan akademik terhadap N-gain dalam literasi sains pesertaàdidik. Kelompok peserta didik dengan akademik rendah mengalami peningkatan lebih besar daripadapeserta didik dari kelompok akademik tinggi.


Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah (PBM), multimedia, literasi sains

Downloads

Published

2018-06-08