PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESETA DIDIDK SMA NEGERI KOTA BENGKULU

Salmeri Asrianengsi, Irwandi Irwandi, Kasmiruddin Kasmiruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan  mengembangkan modul praktikum biologi kelas XI semester genap untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA, yang mencakup 3 kegiatan praktikum yaitu: 1) Uji Makanan, 2) Uji pernapasan, dan 3) Uji Urine. Modul Praktikum ini memuat langkah-langkah Problem Based Learning (PBL) dimana peserta didik diberi permasalahan sebelum kegiatan dimulai dan menggunakan model pengembangan Four-D, yang terdiri atas 4 tahap utama yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Desseminate). Subjek uji coba terdiri dari 4 sekolah dengan kategori yang sama yaitu SMA Negeri 7 Kota Bengkulu untuk uji kecil dan SMA Negeri 1 Kota Bengkulu, SMA Negeri 3 Kota Bengkulu serta  SMA Negeri 10 Kota Bengkulu untuk uji luas. Instrumen penilain yang digunakan adalah hasil validasi ahli disain dan materi, angket respon peserta didik, dan hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian diperoleh bahwa modul praktikum yang di kembangkan valid, praktis dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai 46,60 % dengan kategori  sedang, kemudian data di analisis dengan menggunakan uji T-test (Paired Sample Test) dan menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan  pada pengembangan modul praktikum terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

 

Kata kunci: modul praktikum, PBL, berpikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.