PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO- VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA DI SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017

Authors

  • Ayatun Nisa
  • Nur Lestari
  • Prapti Sedijani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio-visual terhadap hasil belajar IPA Biologi pada kelas VII semester genap dià SMP Negeri 3 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain pretest-postest non-control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Mataram dengan jumlah siswa 182. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknis simple random sampling sehingga diperoleh kelas VII2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII3 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dan subjektif. Data hasil gain score dengan rata-rata 38,08 untuk kelas Jigsaw dan 32,85 untuk kelas NHT dianalisis dengan teknik Independent sample t-test pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan program SPSS 17 for Windows. Hasil uji hipotesis menunjukkan p-value = 0,033 lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05). Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yang keduanya berbantuan media audio-visual.
à
Kata kunci: jigsaw, numbered head together, hasil belajar siswa


Downloads

Published

2018-06-08