ANALISIS PEMAHAMAN GURU TERKAIT PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL QUANTUM LEARNING DAN PERMASALAHAN SISWA TERKAIT DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA

Elsje Theodora Maasawet

Abstract


Analisis kebutuhan ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada kegiatan pembelajaran Biologi di SMA Negeri Samarinda. Sasaran analisis ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman guru Biologi terkait perangkat pembelajaran yang telah ada., Penerapan model pembelajaran yang sesuai dan permasalahan siswa. Sampel pengamatan pada analisis ini adalah guru Biologi di SMA N 1 Samarinda. Hasil pengamatan menunjukkan sebanyak 74,65 % guru mengalami kendala dalam menerapkan model pembelajaran. Semua guru menyatakan bahwa siswa cenderung tidak bertanya dalam pembelajaran, 65,60% guru juga menyatakan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa sangat rendah karena sebagian besar minat belajar siswa masih kurang, serta minimnya kesadaran siswa untuk membaca sehingga siswa menghadapi kesulitan dalam memahami konsep dan memecahan masalah sendiri.Selain itu, masalah yang juga dihadapi adalah masih banyak guru yang ternyata belum menerapkan model – model pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih aktif. Cara yang dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning, namun tidak semua guru mengerti tentang sintak dari model pembelajaran Quantum Learning.Dari hasil pengamatan berupa analisis permasalah guru Biologi SMA di Kota Samarinda, dapat disimpulkan bahwa pengalaman dan kemampuan guru untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran perlu ditingkatkan.

Kata kunci: analisis kebutuhan, perangkat pembelajaran, quantum learning, berpikir kritis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.