HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN JURNAL BELAJAR DENGAN SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNSYIAH BANDA ACEH PADA MATAKULIAH ZOOLOGI INVERTEBRATA

Hafnati Rahmatan, M. Ali S., Cut Hidayati

Abstract


Metode belajar yang membantu mahasiswa untuk mengoptimalkan kemampuan self regulated learning mereka adalah dengan menulis jurnal belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan jurnal belajar dengan self regulated learning mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsyiah pada Matakuliah Zoologi Invertebrata. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsyiah pada semester ganjil tahun 2016/2017. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu one group pretest posttest design. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsyiah semester 3 yang memprogram Matakuliah Zoologi Invertebrata pada kelas reguler berjumlah 34 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi jurnal belajar dan angket self regulated learning. Data dianalisis menggunakan uji korelasi dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara jurnal belajar dengan self regulated learning r = 0,434 dengan pengaruh 18,8%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara jurnal belajar dengan self regulated learning.

Kata kunci: jurnal belajar, self regulated, learning, zoologi invertebrata


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.