PENINGKATAN MOTIVASI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA

A Mu'nisa, Yusminah H., Resova Resova

Abstract


Group Investigation merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada  partisipasi  dan  aktivitas  siswa  dalam  menentukan  topik  maupun  cara  untuk  mempelajarinya  melalui investigasi. Dan dapat melatih siswa untuk menumbuhkan kemampuan berfikir mandiri. Dalam model group investigation terdapat tiga konsep utama, yaitu: penelitian, pengetahuan, dan dinamika kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sungguminasa, Kabupaten Gowa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group  investigation. Penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  (PTK).  Sampel  penelitian  adalah  semua siswa kelas XI IPA1 pada semester ganjil 2013/2014 yang berjumlah 38 orang siswa. Data diperoleh dengan menggunakan  angket,  observasi,  dan  tes  hasil  belajar.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  Terjadi peningkatan  motivasi  belajar  siswa,  aktivitas  belajar  siswa,  dan  hasil  belajar  siswa  pada  materi sistem pernapasan melalui penerapan model group investigation.  Kata Kunci: PTK, group investigation, sistem pernapasan, SMA Negeri 2 Sungguminasa Kelas XI IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.