SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN DAN PENERAPANNYA DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU-GURU BIOLOGI DAN IPA SMP/SMA SE-SALATIGA DAN KABUPATEN SEMARANG

Susanti Pudji Hastuti, Desy Fajar Priyayi, Natalia Rosa Keliat

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatan mutu proses belajar dan mengajar. Untuk itu dilakukan penelitian dan pelatihan pembuatan PTK dengan penerapan model-model pembelajaran aktif sehingga menghasilkan karya tulis ilmiah. Metode yang digunakan adalah dengan pengenalan model pembelajaran menggunaan scientific approach yang dilanjutkan dengan pelatihan model-model tersebut. Setelah itu dilakukan pelatihan PTK dengan menggali permasalahan nyata yang dihadapai guru dalam pembelajaran kemudian mengkaji solusi permasalahan tersebut. Kegiatan pelatihan dilakukan di UKSW pada 27 Agustus 2016 yang diikuti 19 guru dan 3 September 2016 diikuti 17 guru SMA Se-Salatiga dan Kab. Semarang. Hasil angket menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran biologi, 88,2% guru menggunakan model pembelajaran dan kurang dari 50% dari jumlah kompetensi dasar yang ada tiap semester. Guru-guru yang mengenal sangat baik model tersebut hanya 58,8 % dan yang
kurang baik  41,2%. Walaupun begitu tidak ada guru yang mengetahui langkah–langkah model pembelajaran saintifik dengan sangat baik, 47,1% mengenal dengan baik, dan 52,9% kurang memahami. Banyak guru yang sudah sering berdiskusi dengan rekan sejawat mengenai pembelajaran saintifik, 47,1% kadang berdiskusi, dan ada juga yang tidak pernah sama sekali. Sayangnya, sebanyak 41,2% peserta tidak pernah berkolaborasi dengan rekan sejawat atau ahli bidang pengajaran yang sama  tentang model pembelajaran saintifik, 47,1% kadang-kadang
melakukan, dan 11,7% sering melakukannya.  

kunci Kata: scientific approach, penelitian tindakan kelas (ptk), guru biologi, guru ipa



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.