PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 2 GERUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Marlina Eka Puspita, Dadi Setiadi, Dadi Setiadi, Ahmad Raksun, Ahmad Raksun

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Biologi pada peserta didik kelas X SMAN 2 Gerung tahun ajaran 2016/2017.  Jenis penelitian yang digunakan yaitu komparasi bersifat kausal komparatif  dengan desain pretest and posttest group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMAN 2 Gerung yang terdiri dari 2 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dan  kelas X MIA  1 sebagai kelompok PBL dan kelas X MIA 2 sebagai kelompok Inkuiri Terbimbing. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis  berupa test essay. Uji hipotesis menggunakan uji t.  Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung yaitu (2.977>2.026), sehingga menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang belajar menggunakan PBL dan Inkuiri erbimbing.

 

Kata kunci : inkuiri terbimbing,  problem based learning (PBL), berpikir kritis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.