PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO (KEKUATAN BERDUA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMPN 11 MATARAM PADA MATA PELAJARAN IPA TAHUN AJARAN 2016/2017

Itha Masithah, Agus Ramdani, Nur Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two (Kekuatan Berdua) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMPN 11 Mataram pada mata pelajaran IPA tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimentdengan “Desain Pre-test dan Post-test Kelompok Tidak diacak”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel adalahSampling Purposive sehingga didapatkan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk uraian dan lembar observasi aktivitas mengajar guru serta aktivitas belajar siswa. Uji hipotesis dianalisis dengan menggunakan Uji-t Pooled Varians pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan t hitung >t tabel. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two (Kekuatan Berdua) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMPN 11 Mataram pada mata pelajaran IPA tahun ajaran 2016/2017. Hasil ini didukung pula oleh aktivitas belajar siswa dengan rata-rata persentase 84% yang memiliki kriteria baik sekali dan keterlaksanaan RPP dengan rata-rata persentase 92% yang memiliki kriteria baik sekali.

Kata kunci: berpikir kritis, pelajaran IPA, kekuatan berdua



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.