PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA SISWA KELAS XI IPA4 SMA N 1 KOTA BENGKULU

Edi Suryono, Sri Irawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) di kelas XI IPA4SMA N 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap : tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas XI IPA4 SMA N 1 Kota Bengkulu. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu lembar tes dan lembar observasi, lembar observasi terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, penilaian keterampilan serta sikap. Pada siklus 1 rata-rata skor
observasi guru adalah 29 yang termasuk kriteria baik, sedangkan rata-rata skor observasi siswa adalah 28 yang termasuk kriteria baik. Sedangkan pada siklus 2 rata-rata skor observasi guru
adalah 31,5 yang termasuk kriteria baik, sedangkan rata-rata skor observasi siswa adalah 30,5 yang termasuk kriteria baik. Selanjutnya data hasil belajar pada siklus 1 dianalisis berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal dan di peroleh persentase ketuntasan belajar klasikal 74,2% dengan kriteria belum tuntas dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 87,90 % dengan kriteria tuntas. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas XI IPA4SMA N 1 Kota Bengkulu.


Kata kunci: PBM, aktivitas, hasil belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.