PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA SISWA KELAS XI IPA4 SMA N 1 KOTA BENGKULU

Authors

  • Edi Suryono
  • Sri Irawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) di kelas XI IPA4SMA N 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap : tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas XI IPA4 SMA N 1 Kota Bengkulu. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu lembar tes dan lembar observasi, lembar observasi terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, penilaian keterampilan serta sikap. Pada siklus 1 rata-rata skor
observasi guru adalah 29 yang termasuk kriteria baik, sedangkan rata-rata skor observasi siswa adalah 28 yang termasuk kriteria baik. Sedangkan pada siklus 2 rata-rata skor observasi guru
adalah 31,5 yang termasuk kriteria baik, sedangkan rata-rata skor observasi siswa adalah 30,5 yang termasuk kriteria baik. Selanjutnya data hasil belajar pada siklus 1 dianalisis berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal dan di peroleh persentase ketuntasan belajar klasikal 74,2% dengan kriteria belum tuntas dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 87,90 % dengan kriteria tuntas. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas XI IPA4SMA N 1 Kota Bengkulu.


Kata kunci: PBM, aktivitas, hasil belajar

Downloads

Published

2018-06-08