PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKOVERI TERBIMBING DAN JURNAL BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LEMBAR

Ria Budiarti, A.W. Jufri, Dadi Setiadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran diskoveri terbimbing, (2) Pengaruh jurnal belajar, dan (3) Interaksi model pembelajaran diskoveri terbimbing dan jurnal belajar, terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini di lakukan di SMAN 1 Lembar Kabupaten Lombok Barat pada bulan Mei sampai Juni 2017. Metode yang digunakan quasi experiment dengan Non-equivalent Pretest-Posttes Control Group Design melalui factorial 2x2. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling terdiri 97 peserta didik dari 4 kelas. Instrument penelitian menggunakan tes hasil belajar kognitif. Data dianalisis dengan menggunakan ANCOVA dengan bantuan SPSS version 20 for windows. Hasil penelitian menunjukan (1) Model pembelajaran diskoveri terbimbing tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik ( p > 0.05), (2) Jurnal belajar berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik (0.05), (3) Terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran diskoveri terbimbing dan jurnal belajar terhadap hasil belajar kogitif ( p<0.05 ).

Kata kunci: diskoveri terbimbing, jurnal belajar, hasil belajar kognitif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.