PERSEPSI MAHASISWA BIOLOGI TERHADAP PENGEMBANGAN EBOOK BERBASIS PENELITIAN POTENSI LOKAL UNTUK MATAKULIAH EKOLOGI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS BENGKULU

Pani Aswin, Mimien Henie Irawati, Murni Saptasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh  1) persepsi mahasiswa Biologi terhadap pembelajaran Ekologi di program studi Biologi Universitas Bengkulu, 2) bahan ajar dan media yang digunakan dalam pembelajaran, 3) persepsi kebutuhan pengembangan bahan ebook berbasis potensi lokal  pembelajaran Ekologi di program studi Biologi Universitas Bengkulu. Sampel penelitian ini sebanyak 36 mahasiswa yang telah menempuh matakuliah Ekologi. Metode penelitian ini adalah observasi dengan menggunakan angket. Hasil dari observasi yang dianalisis dengan deskripsi kualitatif penelitian ini yaitu: 1) pembelajaran Ekologi yang telah dilakukan masih dianggap sulit oleh mahasiswa yang didasarkan pada pemilihan strategi pembelajaran dan kurangnya bahan ajar 2) Bahan ajar yang digunakan masih konvensional dan minim variasi, 3) mahasiswa berpandangan bahwa pembelajaran ekologi  membutuhkan bahan ajar berupa ebook yang dikembangkan dari potensi di lingkungan sekitar.

Kata kunci: persepsi mahasiswa, ekologi, ebook



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.