PEMODELAN PETA STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR (SKKDI) MATA PELAJARAN IPA SMP BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013

Rosane Medriati, Sri Irawati, Rendi Zulni Ekaputri

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisis buku guru, buku siswa pada pembelajaran IPA SMP kelas VII, VIII dan IX sehingga menghasilkan pemetaaan SKKDI, dengan mengembangkan soal kognitif dan unjuk kerja yang sesuai dengan SKKDI yang sudah ditentukan sehingga dapat membantu guru untuk menerapakan kurikulum 2013 sesuai dengan pendekatan saintifik yang betul-betul dapat diimplementasikan di dalam kelas.Penelitian ini merujuk pada langkah langkah Research and Development yang diawali (1)studi pendahuluan, (2) pengembangan model dan (3) validasi model. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pemetaan SKKDI pada uji coba terbatas mampu menaikan hasil belajar rata-rata siswa. Rerata hasil belajar secara klasikal diperoleh nilai sebesar 78,86.Kenaikan hasil belajar dan tercapainya rereta klasikal yang baik terjadi dikarenakan guru dipandu secara sistematis terhadap materi atau konsep yang dituntut pada kompetensi inti baik pengetahuan maupun keterampilan. Siswa mampu menyerap materi dengan baik karena terstrukturnya materi ajar yang sesuai dengan kompetensi inti, baik kompetensi pengetahuan, maupun kompetensi keterampilan.  

 

Kata kunci: pendekatan saintifik, pemetaan SKKDI, uji coba terbatas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.