INTERAKSI SOSIAL SKILL DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR

Ni Wayan Ekayanti, Gusti Ayu Dewi Setiawati

Abstract


Pendidikan sains sebagai salah satu aspek pendidikan memiliki peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan khususnya di dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Group Investigation (GI) merupakan pembelajaran kooperatif yang menekankan pentingnya kerjasama antar anggota kelompok untuk mencapai tujuan kelompok. Dengan bekerjasama dalam menyelesaikan tugas, maka siswa akan berinteraksi dengan temannya. Dengan adanya interaksi antara siswa dalam kelompok akan menghasilkan pemahaman yang lebih bermakna terhadap apa yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti interaksi antara sosial skill yang dimiliki oleh siswa dengan model pembelajaran GI terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent pretest posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah 84 siswa kelas VII SMPN 5 Denpasar yang kemudian dikelompokkan menjadi empat yaitu (a) siswa dengan sosial skill tinggi yang dibelajarkan dengan GI, (b) siswa dengan sosial skill rendah yang dibelajarkan dengan GI, (c) siswa dengan sosial skill tinggi yang dibelajarkan dengan model langsung, (d) siswa dengan sosial skill rendah yang dibelajarkan dengan model langsung. Interaksi antara sosial skill dengan GI dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada interaksi antara sosial skill yang dimiliki siswa dengan model pembelajaran GI yang digunakan (F A*B= 8,97; p=0,000*). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada interaksi positif antara sosial skill dengan model pembelajaran GI terhadap hasil belajar.

Kata kunci: sosial skill, group investigation, lingkungan, hasil belajar



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.